Ujian Munaqasah Gayeng dan Dinamis

Foto saat prosesi sidang skripsi mahasiswa di ruang 2

Sumenep-Stidar.ac.id, Hari ini, Rabu tanggal 06 Juli 2022 Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Raudlatul Iman (STIDAR) melangsungkan Ujian Munaqosyah atau ujian skripsi yang berlangsung di Hall Ibrahimy STIDAR.
Ada lima mahasiswa yang mengikuti ujian skripsi, masing-masing peserta diuji di dua ruang dengan enam penguji berbeda. Tiga penguji menguji tiga mahasiswa dan tiga penguji menguji dua mahasiswa. Masing-masing mahasiswa mempresentasikan hasil penelitiannya selama kurang lebih dua bulan.
Seperti presentasi yang dilakukan Fathol Bari tentang dinamika media sosial yang berperan aktif dalam menciptakan perubahan sosial di Desa Gadu Barat. Dalam presentasinya Fathol Bari yang sehari-hari bergelut dalam dunia pewartaan menegaskan bahwa media-media hari ini nyaris tiap hari dipenuhi dengan beragam hoax, hal itu dipengaruhi karena terbatasnya santri di lingkaran jurnalisme. Tegas mahasiswa Pengembangan Masyarakat Islam itu kepada stidar.ac.id.
Sedangkan M Ghalib Bafadlal memaparkan metode belajar membaca kitab kuning yang lebih praktis, cepat bisa membaca dalam waktu kurang lebih dari enam bulan dengan metode “Maktab Nubdzatul Bayan Al-hamidiyah” dalam mempercepat Belajar membaca Kitab Turas. Menurut Mahasiswa PMI ini, penelitian ini ditujukan untuk mengetahui seberapa efektif metode tersebut dilaksanakan.
Berbeda dengan pria yang biasa disapa Uni. Ia meneliti APLIKASI ASRI yang merupakan organisasi yang bergerak dalam upaya menciptakan lingkungan sehat dan bersih. Dalam pemaparannya, Unis mengatakan bahwa banyak masyarakat yang merasa terbantu dengan hadirnya APLIKASI ASRI tersebut. terutama dalam pengurangan limbah sampah dan dalam pengendalian sampah.
Bapak Lailul Ilham M.A selaku penguji I menuturkan, pihaknya merasa cukup senang dan bahagia melihat perkembangan skripsi dari tahun ke tahun.
“Wabil khusus skripsi yang berbicara mengenai media, media sosial beserta efeknya, ini masih sangat hangat sekali di lingkungan stidar.” Ucap alumni UIN Sunan Kalijaga ini pada stidar.ac.id.(mt)

Bagikan ke :

Leave a Comment