Gua Payudan Dalam Bingkai Pengembangan

Selasa, 13/09/22 STIDAR Sumenep mempresentasikan hasil penelitiannya yang dilakukan selama tiga bulan. Tim Peneliti melakukan penelitian tentang Upaya Pengembangan Gua Payudan, yaitu Gua yang berada di Desa Payudan Daleman Kecamatan Guluk-guluk Kabupaten Sumenep.

Dalam hasil penelitiannya diungkapkan bahwa Gua Payudan merupakan gua yang sangat bersejarah, hal ini tidak terlepas dari sejarah panjang Gua yang memang merupakan tempat bertapa para leluhur Madura, seperti Bindara Saod dan lainnya.

Dalam kesempatan kali ini Tim Peneliti dari STIDAR merekomendasikan beberapa hal seperti perbaikan jalan, home stay, dan beberapa fasilitas lainnya. Rekomendasi tersebut mendapat apresiasi yang cukup hangat dari BAPPEDA, DPMD dan Dinas Pariwisata Sumenep.

Menurut Bapak Imam Buchari (perwakilan Dinas Pariwisata) terlebih dahulu wisata Gua Payudan harus sudah berjalan, sehingga ke depanya bisa diperhatikan oleh pemerintah.

Sedang menurut Bapak Mulya (perwakilan DPMD) mengutarakan bahwa sebutan “jalan tol” itu bisa dipertimbangkan untuk membuat paket wisata dari Batu Ampar, Gua Payudan, Asta Tenggi, dan lain-lain.

Bagikan ke :

Leave a Comment