Padati Asta Gung Ahmad, BEM STIDAR Agendakan ZUHUR Sepesial Hari Santri Nasional

Belasan Pengurus BEM STIDAR yang terdiri dari Presma dan Wapresma serta seluruh Menteri Kabinet Produktif berziarah ke Asta Agung Ahmad yang berada di Desa Aeng Panas Kecamatan Pragaan pada hari Sabtu, 22 Oktober 2022.

Kegiatan dalam rangka memperingati Hari santri nasional tersebut dilaksanakan oleh Menteri Agama (Menag) dan Menteri pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud) yang mereka kemas dengan Ziarah Kubur Leluhur (ZUHUR) dalam rangka memperingati hari santri nasional.

Presma Stidar saat sampai di lokasi bertemu dengan salah satu penjaga Asta, ia bertanya tentang nama-nama makam di Asta Agung Mahmud tersebut. Nama makam yang berhasil diketahui adalah selain makam Agung Mahmud ada makam isterinya yang ada di sebelah kirinya yang bernama Nyi Masrurah dan Puteranya di sebelah kanan yang bernama Gung Abdullah beserta kekasihnya NYI Robi’ah.

Kegiatan tersebut diawali dengan pembacaan Ummul Quran, dilanjutkan pembacaan surat Yasin, dan diakhiri doa yang dipimpin oleh Ach. Sahawi Wapresma Stidar. Kegiatan yang berdurasi kurang lebih 30 menit itu mereka ikuti dengan khusyu’ sampai pembacaan selesai.

“Kami bersama rombongan yang terdiri dari pengurus BEM berhasil memadati Asta Agung Ahmad, karena saat tiba di lokasi tidak ada rombongan lain yang berziarah ke Asta tersebut.

Kami bisa dengan mudah dan khusyu’ membaca Istighosah di tempat ini. Baru setelah kami selesai berziarah ada dua rombongan yang juga hendak berkunjung ke Asta yang ada di Desa Aeng Panas ini”. Ujar Ramadhani Presma BEM STIDAR saat diwawancara oleh media.

“Kegiatan yang bersifat Religius ini sangat cocok dilaksanakan pada zaman sekarang, mengingat kegiatan Ziarah sudah jarang sekali terlihat dilakukan dalam kegiatan mahasiswa, maka kami Mendikbud dan Menag BEM STIDAR berinisiatif untuk mengadakan kegiatan yang tentunya mengasah keshalehan ritual mahasiswa” Ujar Walid.

[Romi]

Bagikan ke :

Leave a Comment