Sosial Media dan Kaum Remaja

Oleh; Siti Nurunnisa’ Elmisbahah

Dikalangan remaja menjadi permasalahan Yang sangat penting dimana pengaruh sosial media sangat Berpengaruh bagi kau remaja secara tidak langsung sangat mempengaruhi masa depan dan pembentukan krakter serta keperibadian remaja itu sendiri. Sosial media akan membentuk karakter serta tingkah laku mereka menjadi sedikit kurang baik. Sedangkan keperibadiannya mereka dapat sedikit membatasi diri dari orang lain.
adapun nampak negatif dari penggunaan sosial media terhadap kaum remaja menjadi malas dan jarang berkominikasi dengan orang sekitar sehingga berpotensi menjadi pribadi yang anti sosial. Media sosial telah menjadi tren yang tidak dapat di pisahkan dari masarakat terlebih kalangan remaja.
Media sosial juga dapat meningkatkan risiko cyberbullying yang berdampak pada kesehatan psikologis anak. Dampak psikologis yang dapat muncul pada anak dan remaja akibat penggunaan media sosial yang berlebihan. Media sosial dapat menjauhkan orang-orang yang sudah dekat dan sebaliknya, interaksi secara tatap muka cenderung menurun, membuat orang-orang menjadi kecanduan terhadap internet, menimbulkan konflik, masalah privasi, rentan terhadap pengaruh buruk meliputi gangguan kecemasan dan depresi.
beberapa pengaruh baik yang didapat dari penggunaan media sosial diantaranya Dengan menggunakan jejaring sosial, kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja, bahkan dengan orang yang belum kita kenal sekalipun dari berbagai penjuru dunia. dan remaja menjadi lebih bersahabat, perhatian, dan empati, mengetahui potensi diri, dapat berinteraksi dengan teman secara mudah dan pertukaran informasi difasilitasi dengan sangat bagus Media sosial dapat digunakan akan keterampilan dan sosial.
Peran sosial media bagi perkembangan remaja sangat membantu karna dapat menambah wawasan bagi mereka sedangkan negatifnya bagi mereka dapat membuat mereka menjadi introvet maka dari itu sebagai seorang remaja harus bisa mengandalikan diri kita sendiri dari sosial media, gunakan seperlunya saja dan harus berhati² mengunakan sosial media.

Bagikan ke :

Leave a Comment