Mapaba PMII Asy’ariyah STIDAR, Kiai Sahli : Gerakan Peradaban Diawali Dari Orang-Orang Beradab

Stidar.ac.id – Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA) yang dilaksanakan oleh Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Asy’ariyah Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Raudlatul Iman (STIDAR) Gadu Barat Ganding Sumenep, akan berlangsung selama 4 hari dari tanggal 27 Februari – 2 Maret 2023 dibuka hari ini bertempat di Stasiun Sosial Asoka PP Raudlatul Iman (27/2/2023).

Selaku tuan rumah, Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Raudlatul Iman, Kiai Muhammad Sahli memberikan sambutan sekaligus arahan kepada peserta Mapaba dari beberapa perguruan tinggi di Kabupaten Sumenep. Beliau menekankan pentingnya mahasiswa membangun peradaban yang diawali dengan moralitas atau akhlaq.

“Saya menyambut baik kegiatan ini yang mencoba suasana baru di luar ruangan atau outdor di Asoka. Sejalan dengan semangat Asoka membangun peradaban dengan enam rukun (pendidikan dan keagamaan, budaya, enterpreneur, kearifan lokal, literasi dan ekologis), bahwa peradaban dibangun oleh orang-orang yang beradab seperti pada masa Rasulullah SAW dalam membangun peradaban Madinah dan Makkah”

Menurutnya, peradaban mutlak berkembang ketika pendidikan masyarakat maju dan baik. “Peradaban masyarakat akan semakin baik, apabila pendidikannya maju. Tetapi pendidikan saja tidak cukup, jika tidak diikuti moralitas. Dalam bahasa Al-Qur’an manusia ‘Ulul Albab’ adalah manusia yang mencoba mensinergikan fikir dan dzikir yang kemudian melahirkan amal saleh sesuai tema Mapaba kali ini yakni Kader Mu’taqid, Cakap Literasi, Religius dan Kritis” tambahnya

Beliau juga mengingatkan sebagai organisasi di bawah NU, PMII seharusnya mengemban amanah perjuangan para ulama pesantren, sesuai fungsi pesantren yaitu : pendidikan, dakwah, dan pemberdayaan masyarakat. (MUA)

Bagikan ke :

Leave a Comment