Pengertian

KKN Tematik merupakan kegiatan yang bersifat edukatif dengan melibatkan mahasiswa dalam kehidupan masyarakat. Hal ini bertujuan agar mahasiswa dapat peka terhadap isu-isu yang terjadi dikalangan masyarakat, sumber daya yang perlu dikembangkan, dan aspirasi yang dimiliki oleh masyarakat. Dengan kegiatan ini, diharapkan dalam prosesnya dapat memunculkan interaksi yang bersinergi antara mahasiswa dengan masyarakat yaitu saling menguntungkan antara satu sama lainnya.

Ciri-Ciri KKN Tematik

  1. Program kegiatan dirancang tematik, melembaga, berkesinambungan, koordinatif, interdisipliner, dan berbasis kompetensi.
  2. Program kegiatan berfokus pada pemecahan masalah pada bidang tertentu berdasarkan permasalahan masyarakat dan arah kebijakan pembangunan pemerintah wilayah kabupaten/kota tertentu.
  3. Unsur yang terlibat adalah mahasiswa, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan masyarakat.
  4. Dilaksanakan dalam waktu tertentu dengan mengutamakan kebutuhan akademik dan masyarakat.

Prinsip Pelaksanaan KKN Tematik

  1. Integrasi

KKN Tematik dilaksanakan dengan memadukan aspek intelektual, sosial-ekonomi, fisik, manajerial, pengetahuan, kemampuan dan keterampilan. Dari segi tridharma KKN harus memadukan unsur pendidikan,pengajaran serta pengabdian masyarakat dengan pedoman penelitian. Selain itu, dari unsur program, Perguruan Tinggi, pemerintah, mitra kerja melalui KKN Tematik harus berkolaborasi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

  1. Kepentingan

KKN Tematik dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang dirasakan oleh masyarakat dan pemerintah. Kegiatan ini dilakukan atas dasar dari masyarakat dan untuk masyarakat

  1. Kemandirian

Melalui KKN ini diharapkan masyarakat dapat menggantungkan segala kebutuhannya melalui kemampuan masyarakat itu sendiri. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggali potensi yang dimiliki dan meningkatkan swadaya masyarakat

  1. Interdisipliner

KKN Tematik dilaksanakan oleh mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu di ruang lingkup perguruan tinggi dimana mahasiswa memiliki tugas berdasarkan mekanisme dan sistem kerja interdisipliner

  1. Keikutsertaan

Dalam pelaksanaan program ini dari awal hingga akhir baik unsur masyarakat, pemerintah dan unsurnya lainnya yang berkaitan harus berpartisipasi secara aktif

  1. Berkesinambungan

Pelaksanaan KKN Tematik dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan yang artinya keberhasilan program merupakan langkah awal dalam mencapai keberhasilan lain yang ingin dicapai oleh pemerintah maupun masyarakat.

Tujuan KKN Tematik

1. Mengembangkan sikap, pengetahuan, empati dan kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi isu-isu yang terjadi diruang lingkup masyarakat berdasarkan aspek profesional, pragmatis, interdisipliner, dan kompetensi.

2. Tercapainya percepatan dan efektivitas program pembangunan yang dapat dinilai melalui meningkatnya kualitas kehidupan masyarakat, partisipasi dan kemampuan masyarakat dalam program pembangunan.

3. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kolaborasi antara pemerintah, perguruan tinggi, dan masyarakat

Sasaran KKN Tematik

  1. Meningkatnya percepatan pembangunan masyarakat yang meliputi:

a)  Kualitas pendidikan

b) Kualitas kesehatan

c) Daya beli masyarakat

d) Infrastruktur wilayah

e) Kemandirian energi dan kecukupan air baku

f) Penanganan bencana dan pemeliharaan lingkungan hidup

h) Pengembangan budaya lokal, wisata dan destinasi wisata.

  1. Memberikan pengalaman dan kompetensi bagi mahasiswa dalam mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan teknologi secara interdisipliner guna memecahkan isu-isu yang ada di dalam masyarakat serta menumbuhkan dan meningkatkan rasa kepedulian dan tanggung jawab sosial terhadap kemajuan masyarakat.
  2. Meningkatnya kemandirian masyarakat dalam mengatasi permasalahan yang ada, kemampuan dalam memenuhi kebutuhan kehidupan dan kemampuan dalam merencanakan, melaksanakan serta mengevaluasi program-program pembangunan di daerahnya.
  3. Meningkatnya kerjasama antara perguruan tinggi dengan pemerintah maupun pihak lain dalam pembangunan masyarakat. berita.upi.edu
Bagikan ke :

Leave a Comment